Kenali Gejala Penyakit Ganas (LUPUS)

Penyakit lupus, dalam ilmu kedokteran disebut dengan Systemic Lupus Erythematos (SLE) atau sebagai penyakitdengan kekebalan tubuh berlebihan. Penyakit ini tergolong penyakit baru yang mematikan setara dengan kanker, akibatnya sebagian besar pengidap penyakit ini tak tertolong lagi.  Penyakit ini dapat mengenai semua lapisan masyarakat tidak mengenal usia karena dalam penelitian ditemukan bahwa 1-5 orang diantara 100.000 penduduk bersifat genetik atau dapat diturunkan. Penyakit ini lebih sering mengenai wanita dari pada pria, biasanya pada usia produktif  antara 15-40 tahun.

Lupus dalam bahasa latin berarti  “Anjing hutan”. Istilah ini mulai dikenal sekitar satu abad yang lalu, Awalnya, penderita penyakit ini dikira mempunyai kelainan kulit, berupa kemerahan di sekitar hidung dan pipi . Bercak-bercak merah di bagian wajah dan lengan, panas dan rasa lelah berkepanjangan , rambutnya rontok, persendian kerap bengkak dan timbul sariawan. Penyakit ini tidak hanya menyerang kulit, tetapi juga dapat menyerang hampir seluruh organ yang ada didalam tubuh.

BiasanyaTimbulnya penyakit lupus  dikarenakan adanya faktor kepekaan dan faktor pencetus yaitu adanya infeksi, pemakaian obat-obatan, terkena paparan sinar matahari, pemakaian pil KB, dan stres.  Penyakit ini justru kebanyakaan diderita wanita usia produktif sampai usia 50 tahun sekalipun ada juga pria yang mengalaminya. Oleh karena itu diduga penyakit ini berhubungan dengan hormon estrogen.

Beberapa gejala penyakit lupus :

  • pada umumnya penderita akan merasa lemah, kelelahan yang berlebihan, dan pegal-pegal
  • timbul gangguan pada pencernaan dan kulit mudah gosong akibat terkena sinar matahari.
  •  mengalami anemia, karena sel-sel darah merah akan dihancurkan oleh  penyakit lupus.
  • Pada kulit, akan muncul ruam merah yang membentang di kedua pipi, mirip kupu-kupu. Kadang disebut (butterfly rash). Namun ruam merah menyerupai cakram bisa muncul di kulit seluruh tubuh, menonjol dan kadang-kadang bersisik.
Tanda-tanda diatas adalah gejala awal dari penyakit lupus, jika anda atau orang disekitar anda mengalami tanda-tanda seperti diatas , maka ada baiknya anda untuk segera periksa kedokter.  Dan Jika telah didiagnosa oleh dokter menderita lupus, maka perubahan gaya hidup harus dilakukan, untuk mencegah penyakit tersebut tidak memburuk, diantaranya: Istirahat dengan cukup, waspadai sinar matahari, olahraga secara teratur, jangan merokok, dan makan makanan yang sehat.

 

Subscribe to Comments RSS Feed in this post

One Response

  1. Pingback: Edo Tole

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

You might also likeclose